Dasar Interbase/Firebird Database Server (Bagian I)

on Kamis, 24 September 2009

I. Pendahuluan

Borland Interbase Server (Selanjutnya kita sebut IB saja) adalah database server yang sangat handal dan sangat terkenal dikalangan programmer yang menggunakan Borland Delphi sebagai alat untuk mengembangkan aplikasi database-nya. Firebird Server (selanjutnya kita sebut Firebird saja) bisa dibilang sebagai “adik sepupu” dari IB karena fitur dan perluasan bahasa SQL-nya sangat mirip dengan IB. Firebird juga dapat diartikan sebagai versi free dari IB. Dalam tutorial ini, saya akan coba menjabarkan bagaimana cara instalasi Firebird, Administrasi database, koneksi ke IB/Firebird via command line(menggunakan MS-DOS/ cmd.exe) dan via GUI (Graphical User Interface). Khusus untuk koneksi database via GUI, kita akan menggunakan IBO Console yang dapat didownload di situs resmi firebird (www.ibphoenix.com). Interface dari IBO Console sangat mirip dengan IBConsole (GUI tool IB yang langsung terinstall saat anda melakukan instalasi IB server secara default). IBO Console diperlukan disini karena Firebird Server secara default tidak memiliki console GUI untuk administrasi dan management databasenya, disamping itu fitur IBO Console lebih lengkap (menurut opini saya pribadi J) dari IBConsole bawaan IB, dan yang paling penting IBO Console adalah Freeware J. Selain itu, saya juga akan membahas bagaimana cara untuk membuat database, table, view, generator, stored procedure dan trigger, dan sebagainya.

II. Instalasi Firebird

Sebelum memulai tutorial ini, anda harus sudah memasang IB/Firebird pada komputer anda. Bila anda sudah menginstal Delphi (Delphi 6 atau yang lebih baru) Profesional/ Enterprise edition dengan mode instalasi default, maka IB sudah terinstalasi pada system anda. Untuk menginstal Firebird, anda harus mendownloadnya terlebih di situs resminya (www.ibphoenix.com). Apabila anda belum memiliki binary/ installer Firebird Server, anda dapat mendownloadnya di situs resmi Firebird (www.ibphoenix.com).

Dalam tutorial ini, saya menggunaka Firebird Server versi 2.0.1 dengan platform Microsoft Windows XP SP1.

Setelah Firebird berhasil anda download, maka lakukanlah pemasangan Firebird dengan langkah-langkah seperti dibawah ini :

  1. Klik ganda pada binary/ setup file Firebird yang baru anda download.

Klik OK untuk melanjutkan proses instalasi.

  1. Setelah muncul Welcome Screen Instalasi Firebird, Klik next.

  1. Setelah muncul jendela ‘License agreement’, centang pilihan ‘I accept the agreement’, kemudian klik ‘Next’.

  1. Pilih lokasi instalasi Firebird anda (Defaultnya adalah C:\Program Files\Firebird\Firebird_2_0), kemudian klik ‘Next’. Pada pilihan ‘Install Component’, pilihlah pilihan-pilihan yang ada seperti gambar dibawah ini, klik ‘Next’.
  1. Bila pilihan additional task sudah muncul, isilah pilihan-pilihannya seperti gambar dibawah ini, kemudian klik ‘Next

Kemudian klik install. Tunggu sampai instalasi selesai. Bila jendela konfirmasi untuk me reboot/ restart computer muncul, klik Yes/ Ok .


Bersambung ke Dasar Interbase/Firebird Database Server (Bagian II)


Reshi Mahendra

0 komentar:

Poskan Komentar