Free Delphi Interbase/Firebird Database Component

on Sabtu, 26 September 2009

IBX (Interbase eXpress)
IBX adalah component bawaan dari Delphi (sehingga langsung ada pada component palette Delphi anda, oleh karena itu pada artikel ini “dianggap” free). Anda dapat menggunakan IBX pada aplikasi database yang anda buat dengan catatan extention database file anda adalah *.gdb (default interbasedatabase extention) dan bukan *.fdb (default firebird database extention). Ini berlaku hanya “Jika” anda mengisikan Property DatabaseName nya dengan memanggil open dialog DatabaseName pada property editor tersebut. Tetapi jika anda mengisikan DatabaseName-nya dengan mengeik secara manual pada property editor, anda dapat menggunakan baik Extention *.ib, *.gdb maupun *.fdb.

MDO (Mercury Database Object)
http://www.mdolib.com/index.en.html
Mercury Database Object (MDO) adalah project open source yang dibuat menggunakan FreeIBComponent buatan Greg Deatz. Fungsi-fungsi yang ada pada MDO hampir mirip dengan fungsi-fungsi yang ada pada IBX. Jika anda baru bermigrasi dari IBX/ menggunakan Interbase, ada baiknya anda mencoba component ini karena kemiripannya dengan IBX. Sayang, perkembangan component ini sangatlah lambat. Sebagai catatan, versi MDO terakhir adalah versi RC2 yang dirilis pada February 2006.

UIB (Unified Interbase)
http://www.progdigy.com/files/UIB21.zip
UIB/ Unified Interbase, adalah project Open Source yang terlahir dari kebutuhan akan component yang dapat menjadi media koneksi Interbase/Firebird/yaffil database pada multithreading environtment. UIB memiliki dukungan terhadap Borland Compliance conversion API untuk Interbase, Firebird dan Yaffil. Selain di Delphi, UIB juga dapat digunakan pada Freepascal/ Lazarus.

FBLib
http://fblib.altervista.org
FBLib Firebird Library adalah project Open source. Sayangnya, component ini tidak data aware. Mendukung Free Pascal / Lazarus.


ZeosLib
http://sourceforge.net/projects/zeoslib
ZeosLib adalah project Open Source. Component zeos memiliki dukungan terhadap banyak database engine, seperti MySQL, Oracle, PostgreSQL, SQLite, Dan sebagainya. Versi terakhir saat artikel ini ditulis adalah versi 6.6.5 (stable). Component ini sangat direkomendasikan jika anda sudah terbiasa membuat aplikasi business/ database skala besar dengan arsitektur Client/Server. Akses data relative lebih cepat dibandingkan component lainnya. Dan juga, memiliki dukungan untuk dapat dijalankan pada Freepascal/ Lazarus IDE.



Semoga Membantu,

Reshi Mahendra

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Terima kasih atas infonya. Saya akan coba memakai Zeos. Kalo ada masalah nanti, mohon bantuannya yah mas.. Suwun..

Posting Komentar