Free Firebird Database Developing Tools

on Rabu, 23 September 2009

Jika anda pengguna firebird/ administrator firebird database/ database designer, ada baiknya anda mengetahui beberapa firebird database developing tool berikut untuk memudahkan pekerjaan anda. List dibawah ini adalah review dari tool-tool gratis (Free Interbase/ Firebird Database Management Tools) yang dapat anda pakai untuk memudahkan mengelola/managing firebird database anda.

♦ MiTec Interbase Query (http://www.mitec.cz/ibq.html)

By : Michael Mutl

Tools ini dapat melakukan fungsi-fungsi manajemen database lengkap. Didukung dengan fitur SQL Editor dengan Syntax Highliting, Object Explorer, Event Watcher, Performance Monitor, User Manager, dan masigh banyak lagi.

Lisensi : Freeware


Marathon (http://sourceforge.net/projects/gmarathon/)

By : Patrick O’Keeffe

Marathon menggunakan IBO Object sebagai backend nya. Didukung dengan fitur Visual Performance Statistic dan tuning, Exsekusi script, dan sebagainya.

Lisensi : Open Source (MPL)


IBSQL (http://www.ibobjects.com/ibo_ib_sql.html)

By : Jason Wharton

Database management tools yang cepat dan handal. Didukung fitur Datapump, Scripting Tool, SQL Trace Monitor, Export, dan sebagainya. Dibangun dengan backend IBO Object.

Lisensi : Freeware


IBO Console (http://www.mengoni.it/Downloads/)

By : Lorenzo Mengoni

Sangat cocok digunakan untuk anda yang terbiasa menggunakan IB Console (milik borland) dalam memanajemen firebird/interbase database anda. IBO Console mirip sekali tampilannya dengan IB Console buatan borland yang berfungsi untuk memanajemen Interbase database. Dan juga, IBO console memiliki kelebihan fitur yang dapat membantu anda memanajemen database anda lebih baik.

Lisensi : Open Source (MPL)


FenixSQL (http://web.tiscali.it/fblib/)

By : Alessandro Batisti

FenixSQL adalah tool sederhana untuk developing interbase/firebird database yang lumayan kaya akan fitur dan dapat dijalankan baik di Windows maupun Linux (memiliki kompatibilitas dengan Delphi Personal Edition, Kylix Open Edition, Freepascal 2.0.2 atau yang terbaru, dan Turbo Delphi).

Lisensi : Open Source (LGPL)


IBEasy+ (http://www.marc-grange.net/telecharger_en.htm)

By :Marc Grange

IBEasy+ adalah firebird database management tool yang unik dan kaya fitur. Dengan tool ini, anda dapat membuat design dan membuat relasi database dengan sangat mudah karena didukung pemodelan database secara visual.

Lisensi : Freeware


IBAccess (http://sourceforge.net/projects/ibaccess/files/)

By : Tony Martir

IBAccess sangat mirip dengan IBConseole tetapi dengan design yang sangat berbeda. Menggunakan IBX sebagai backend. Dapat dijalankan pada OS Windows dan Linux.

License : Open Source (MPL)


FlameRobin (http://www.flamerobin.org/)

By : Milan Babuskov

FlameRobin adalah Interbase/firebird database management tool yang sangat ringan dan dapat berjalan pada mesin dengan system operasi yang berbeda-beda (Cross Platform)

Lisensi : Open Source (IDPL)

0 komentar:

Posting Komentar