Lazarus, Cross Platform Free Delphi IDE Like

on Rabu, 30 September 2009

Lazarus adalah Rapid Application Development (R.A.D) tool untuk compiler Free Pascal yang dapat berjalan pada lingkungan Linux, Mac OS, BSD, dan juga Windows. Oleh karena itu, tidak seperti java yang memiliki slogan "Write Once, Run anywhere" yang mana memerlukan JVM (Java Virtual Machine) sebelum dapat menjalankannya, maka Lazarus memiliki slogan "Write Once, Compile Anywhere". Artinya, jika anda ingin membuat aplikasi yang sama baik di lingkingan windows, Linux, Mac, atau lainnya, anda hanya perlu meng-compile source dari aplikasi yang anda buat dengan Lazarus untuk selanjutnya didistribusikan pada Os (Operating System) yang anda inginkan.

Dokumentasi, installer (paket-paket), dan hal lain yang berhubungan dengan Lazarus dapat diperoleh dari situs resmi Lazarus, yaitu di http://www.lazarus.freepascal.org/. Sedangkan, untuk dokumentasi, installer (paket-paket), dan hal-hal lain yang berhubungan dengan Free Pascal dapat anda peroleh dari situs resmi Free Pascal, yaitu http://www.freepascal.org/.

Komponen library dari Lazarus menggunakan lisensi GNU LGPL (Lesser General Public License) yang sudah dimodifikasi, sedangkan untuk IDE (Integrated Development Environtment) Lazarus menggunakan lisensi GNU GPL. Yang membuat Lazarus menjadi semakin mendapat popularitas adalah anda dapat membuat aplikasi apapun dengan lazarus, baik itu berupa aplikasi Komersial/ Berbayar. Yang perlu diingat andalah, Jika anda membuat aplikasi komersial/ berbayar, anda diwajibkan menyertakan kalimat "Compiled by : Lazarus" atau "Powered by : Lazarus", etc pada About box aplikasi yang anda buat.


Lazarus IDE (Source Editor)


Selamat Mencoba & Semoga bermanfaat.

Reshi Mahendra

2 komentar:

Edo Prayogo mengatakan...

Mas, kalau install lazarus di linux gimana caranya? Apakah membutuhkan paket2 tambahan?!saya baru belajar delphi, tapi kalau bisa yang dapat dijalankan di linux. Masalahnya, saya juga baru belajar linux :) Mohon petunjuknya.

Terima kasih

Reshi Mahendra mengatakan...

Untuk instalasi lazarus di linux, coba anda kunjungi Wordpress saya (reshimahendra.wordpress.com). Disana detail saya jelaskan cara untuk instalasi Lazarus (di ubuntu).

Semoga Membantu.

Salam,

Reshi Mahendra

Posting Komentar